Berita

DPD RI Tanda Tangani MoU Dengan Dewan Federasi Rusia

2014-12-12

Jakarta, dpd.go.id – Kunjungan hari kedua Ketua Dewan Federasi Rusia Valentina Ivanova Matviyenko ke DPD RI mengagendakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU antara Ketua DPD RI Irman Gusman dan Ketua Dewan Federasi Rusia berlangsung di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/11/2014) siang.

Isi dari MoU tersebut mengenai peningkatan kerjasama antarparlemen melalui dialog dan konsultasi. DPD RI dan Dewan Federasi Rusia sepakat saling bertukar informasi prosedur legislasi dan keparlemenan, termasuk memperkuat dialog dan konsultasi antarpanitia kerja (komite/panitia/badan) dan antarkelompok persahabatan. Dalam MoU tersebut juga tertuang delegasi kedua negara di organisasi parlemen internasional seperti Inter-Parliamentary Union (IPU) dan The Asia-Pacific Parliamentary Forum (APFF).

Dalam konferensi pers yang digelar usai penandatanganan MoU, Irman menjelaskan kerjasama tersebut didasari komitmen pada nilai-nilai tradisi, sejarah, dan budaya antara Indonesia dan Rusia. “Indonesia dan Rusia menjalin hubungan baik sejak tahun 1950an. Secara umum kerjasama yang kita jalin selama ini berlangsung baik. Kita selalu mendapat dukungan dari Rusia dalam kebijakan diplomasi internasional,” Jelas Irman didampingi pimpinan dan anggota Badan Kerjasama Parlemen DPD RI.

“Hubungan Government to Government, Parliament to Parliament,  dan People to People sudah baik. Pemerintah Rusia juga menyediakan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin menuntut ilmu ke Rusia. Ini peluang yang luar biasa dan membawa prospek yang lebih luas dalam bidang pendidikan,” tutur Irman melanjutkan.

Dengan ditandatanganinya MoU antara DPD RI dan Dewan Federasi Rusia, Irman berharap peningkatan kerjasama di berbagai bidang dapat terwujud. (dew)


Partner